Universitas Brawijaya melalui Program Doktor Mengabdi yang diketuai oleh Dr. Esti Junining, S.Pd., M.Pd menggandeng dua fakultas (Fakultas Ilmu Budaya (FIB) dan Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)) telah memberangkatkan 4 mahasiswa pada Selasa, 25 Agustus 2020 untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata Tematik Doktor Mengabdi (KKNT-DM) ke Desa Punten, Kampung Wisata Kungkuk, Kota Batu. Kegiatan KKNT-DM Dr. Esti Junining ini disambut hangat oleh pengelola Kampung Wisata Kungkuk dan perangkat pemerintahan Desa Wisata Punten. 

Program DM UB Dr. Esti Junining di Kampung Wisata Kungkuk ini mengusung tema “Upaya Peningkatan Sadar Wisata Bagi Masyarakat Berbasis Bahasa dan Kewirausahaan pada Kegiatan Promosi Kampung Wisata Kungkuk.” Melalui program kerja sama antara Universitas Brawijaya dan Desa Wisata Punten, diharapkan masyarakat sekitar akan mampu bergerak lebih aktif untuk mempromosikan Kampung Wisata Kungkuk melalui pemanfaatan Bahasa Inggris dan kewirausahaan.

Sambutan Bapak Hening Trisunu, S.E selaku Kepala Desa Punten kepada Kelompok Doktor Mengabdi Universitas Brawijaya

Puncak acara kegiatan KKNT-DM adalah sarasehan peningkatan sadar wisata berbasis bahasa dan kewirausahaan yang dilaksanakan pada hari Jumat 28 Agustus 2020 dan bertempat di Balai RW setempat. Kegiatan tersebut diikuti dengan pemasangan denah wisata dan plakat penunjuk arah ke 8 (delapan) spot wisata di Kampung Wisata Kungkuk, pemberian materi kewirausahaan dan Bahasa Inggris, serta penyerahan aplikasi belajar Bahasa Inggris yang akan disampaikan kepada anggota karang taruna, kelompok sadar wisata, dan para pemilik homestay di Dusun Kungkuk.

Kegiatan-kegiatan peningkatan promosi seperti program DM Dr. Esti Junining ini diharapkan akan terus berlanjut antara Universitas Brawijaya melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM UB) dengan Desa Wisata Punten untuk mensukseskan merdeka belajar di desa binaan Universitas Brawijaya.